Membeli musik digital dan mendengarkan lagu streaming, mana yang lebih hemat?


Ilustrasi streaming lagu
© Shutterstock /Shutterstock
Bagi Anda yang memiliki kebiasaan mendengarkan musik setiap hari akan terasa sangat menyenangkan jika dapat menikmatinya kapanpun dan di manapun. Mendengarkan musik yang sesuai dengan selera tak hanya dapat menenangkan, tapi juga bisa memberikan manfaat untuk tubuh.
Seperti yang dilaporkan Daily Health Post, musik dapat memberikan efek yang positif pada tubuh, baik secara fisik maupun mental khususnya dalam meningkatkan kemampuan otak. Karena itu, tak heran rasanya jika sebagian orang kerap menjadikan musik sebagai senjata andalan untuk membunuh rasa bosan dan teman untuk mencari inspirasi.

Teknologi yang semakin tinggi memberikan kemudahan bagi para penikmat musik untuk mendengarkan musik favorit mereka, mulai dari keberadaan musik digital yang dijual di berbagai aplikasi--iTunes untuk pengguna iOs misalnya--hingga musik streaming bisa menjadi pilihan. Salah satu layanan musik streaming yang kini hadir di Indonesia adalah Spotify. Dari laporan The Verge, tren layanan streaming musik asal Swedia ini memiliki pertumbuhan 10 juta pengguna baru setiap tahunnya hingga saat ini.

Lantas, jika dihitung dari segi biaya, mana yang lebih hemat antara membeli musik digital dengan berlangganan aplikasi streaming music? Kali ini, harga yang digunakan untuk membandingkan dari sisi pembelian musik digital adalah harga yang tertera di iTunes Store dengan biaya berlangganan Spotify.

Untuk mendapatkan satu lagu di Apple Music, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000 sampai Rp7000. Sementara, untuk mendapatkan satu album bisa dibeli dengan Rp45.000 sampai Rp70.000 untuk satu album yang berisi beberapa belas lagu. Itu pun masih tergantung pada tingkat popularitas penyanyi.

Sementara Spotify menawarkan biaya berlangganan hanya Rp50.000/ bulan untuk mengakses musik sepuasnya. Anda bahkan bisa mendapatkan potongan biaya berlangganan Spotify hingga 50 persen dengan IM3 Spotify. Anda dapat menikmati IM3 Spotify melalui beragam paket freedom combo dengan kuota selama 24 jam tanpa henti dari IM3 Ooredoo. Dengan berlangganan paket freedom combo XL dengan kuota 10 GB seharga Rp149.000 atau paket freedom combo XXL (kuota 20 GB) seharga Rp 199.000, Anda mendapatkan streaming musik gratis selama 1 bulan di Spotify dan potongan harga paket 50 persen di bulan berikutnya.

IM3 Ooredoo juga hadir dalam paket freedom combo M (2GB) seharga Rp59.000 dan freedom combo L (6GB) dengan biaya Rp99.000. Dua paket ini menawarkan potongan harga 20 persen di bulan berikutnya serta gratis data sebesar 200 MB. Anda dapat menghemat tempat penyimpanan dalam gawai dengan menikmati musik streaming dari Spotify. Selain itu, Spotify juga akan memberikan rekomendasi dan informasi lagu terbaru yang sesuai dengan selera musik Anda.

beritagar.id
Share on Google Plus

About iKillua

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments: